Sambut Gembira Mahasiswa Baru Pada Kegiatan “Program Pengenalan Kehidupan Kampus (P2KK)” Tahun 2021

Dalam rangka menyambut mahasiswa baru angkatan tahun 2021-2022. Persiapan Program Pengenalan Kehidupan Kampus (P2KK) STIKes Salsabila Serang yang dilaksanakan selama 3 (Tiga) hari yaitu pada tanggal 04 s/d 06 Agustus 2021 secara daring (online). Dengan Tema kegiatan “Kiat Sukses Belajar Di Masa Pandemi Dalam Mewujudkan Mahasiswa Menjadi Pembelajar yang Tangguh dan Berahlak Mulia”.
Adapun peserta P2KK Tahun Akademik 2021/2022 terdiri dari Calon Mahasiswa Jurusan D3 Kebidanan berjumlah 30 mahasiswa, S1 Kebidanan berjumlah 41 mahasiswa dan Jurusan S1 Farmasi berjumlah 144 mahasiswa, Staf dan Dosen STIKes Salsabila Serang dan Pengurus Yayasan Salsabila Multi Karya Banten.

Koordinasi Persiapan menyambut datangnya mahasiswa baru yang terbungkus pada P2KK dilaksanakan pada tanggal 04 s/d 06 Agustus 2021, sedangkan tempat P2KK dipusatkan di kampus STIKes Salsabila Serang. Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan sistem daring/online. Ketua panitia P2KK Antika Maulida R memimpin koordinasi persiapan pelaksanaan P2KK secara daring di ikuti oleh seluruh panitia (Dosen) dan mahasiswa yang telah berada di tempat masing-masing.
Program Pengenalan Kehidupan Kampus (P2KK) mempunyai makna yang penting dalam mempersiapkan setiap mahasiswa sedini mungkin terhadap kehidupan kampus sebagai pra kondisi yang sangat menunjang keberhasilan pembelajaran di lingkungan barunya.

Sesuai dengan UU RI No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Antika Maulida R, selaku Ketua P2KK mengatakan : “Kegiatan P2kk ini merupakan salah satu program yang dapat meningkatkan kapasitas, intelektual, level of thinking dan kecakapan leadership”, karena sesungguhnya “Seorang pemimpin itu tidak dapat ditemukan, namun seorang pemimpin itu diciptakan, diasah dan dibangun”. Maka saya simpulkan dan saya yakin “Mahasiswa yang dapat hadir dan mengikuti acara ini adalah mahasiswa yang berkompeten, orang yang berdedikasi tinggi, yang insyaallah menjadi orang-orang sukses kelak nanti. aamiin.

Menurut Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Selama masa pandemi Covid-19 dengan mempertimbangkan keamanan dan kondisi calon mahasiswa serta mengacu pada perkembangan kasus penyebaran Virus yang belum mengindikasikan kondisi normal, mendorong pihak Kampus untuk menetapkan Kegiatan Program Pengenalan Kehidupan Kampus (P2KK) Tahun Ajaran 2021/2022 secara daring (online), sesuai dengan kebijakan Kemendikbud tentang panduan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) tahun 2020. Bahwa Pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia, Kegiatan kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan baru pasca pandemi (new normal). Dilaksanakan dengan metode daring atau webinar yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing perguruan tinggi.

Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah dan metode lain yang disesuaikan dengan kondisi daring serta memanfatkan media kreatif/teknologi informasi yang familiar dengan generasi milenial, tempat penyelenggaraan adalah di tempat tinggal masing-masing atau menyesuaikan kondisi masing-masing wilayah, kegiatan dilaksanakan 2 (dua) sampai dengan 5 (lima) hari, dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir maksimal pukul 17.00 atau waktu yang disesuaian dengan karakteristik serta kebutuhan setiap institusi.

Melalui platform Zoom, google meet dan whatsaps. Persiapan-persiapan terus di lakukan panitia, dari 1 bulan yang lalu hingga H-1 menjelang pelaksanaan, yaitu pada hari selasa 03/08/2021 masih terus dilakukan. Rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru meliputi :
1. Ramah tamah dengan para orangtua mahasiswa.
2. Sambutan-sambutan dari petinggi yayasan, dan pengenalan yayasan Salsabila Multi Karya Banten dengan dihadiri bersama para orang tua mahasiswa
3. Penyampaian materi tentang Etika Kepribadian
4. Pengenalan yayasan Salsabila Multi Karya Banten dan perkenalan dosen staf dengan para mahasiswa, struktur lembaga beserta tugas-tugasnya
5. Stadium Generale

Pada pelaksanaan P2KK ini sesuai dengan Undang-undang No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sementara ilmu pengetahuan adalah rangkaian pengetahuan yang digali, disusun, dan dikembangkan secara sistematis dengan menggunakan pendekatan tertentu yang dilandasi oleh metodologi ilmiah, baik yang bersifat kuantitatif, kualitatif, maupun eksploratif untuk menerangkan pembuktian gejala alam dan/atau gejala kemasyarakatan tertentu. Maka pihak kampus dengan secara rutin setiap tahunnya mengadakan program kegiatan P2KK guna membangun semangat belajar para calon mahasiswa untuk dapat mengembangkan potensi diri, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan diri dan masyarakat, bangsa, dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *