Perpustakaan STIKes Salsabila Serang

PROFIL dan SEJARAH SINGKAT PERPUSTAKAAN

Keberadaan Unit Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang yang selanjutnya disingkat Perpustakaan STIKes Salsabila Serang dibentuk seiring pada saat berdirinya lembaga, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang sejak tahun 2004 dan termasuk dalam jenis Perpustakaan Perguruan Tinggi. Ketika itu lembaga yang masih bernama Akademi Kebidanan Salsabila, menempati bangunan yang beralamat di  Kompleks Istana Cilegon Jl. SA Tirtayasa No. 30-32 Cilegon, Banten.

Dalam rangka menyesuaikan perkembangan pengelolaan di bidang pendidikan, pada tahun 2011 melakukan perpindahan domisili dan bersamaan dengan itu menuntut pula perubahan nama, dari semula Akademi Kebidanan Salsabila menjadi Akademi Kebidanan Salsabila Serang dengan mendapat rekomendasi dari Kopertis Wilayah IV dengan nomor surat 0898/L4/KL/2011 dan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten dengan nomor surat 09/0006.a/kes/I/2011.

Sejak diterbitkannya rekomendasi tersebut, Akademi Kebidanan Salsabila Serang beralamatkan di Jl. Raya Serang Pandeglang No. 33 (Pal-6) Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten. Seiring berjalannya waktu, Akademi Kebidanan Salsabila Serang terus melakukan perkembangan baik dari segi mutu pendidikan maupun sarana dan prasarana pendukung, yang salah satunya dibuktikan dengan berdirinya ruang baru perpustakaan dengan jumlah koleksi pada saat itu sekitar 1000 eksemplar dengan berbagai jenis literatur kesehatan khususnya.

Berkat upaya perkembangan yang terus dilakukan, pada tahun 2018 mengalami perubahan yang cukup berarti, yaitu bentuk lembaga yang semula Akademi Kebidanan Salsabila Serang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang, sesuai dengan nama yang tercantum pada surat Ijin Penyelenggaraan SK MENRISTEK DIKTI No. 107/KPT/I/2018. Adapun bukti lain semakin banyaknya perubahan yang telah dilakukan, sehingga saat ini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang telah memiliki 5 program studi yang diantaranya S1 Kebidanan, D3 Kebidanan, S1 Farmasi, Profesi Bidan dan D4 K3.

Untuk mendukung implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, perkembangan-perkembangan yang sudah dilakukan dari waktu ke waktu tidak hanya terfokus pada lembaga saja, akan tetapi pada unit lainnya yang tidak kalah penting, yaitu perpustakaan. Seiring berkembangnya lembaga, Perpustakaan STIKes Salsabila Serang pun mengalami banyak perubahan yang salah satunya sarana dan prasarana yang lebih baik dan nyaman. Dengan luas Perpustakaan 250 m2, didukung juga dengan beberapa fasilitas seperti ruangan AC (air conditioner), Wifi dan ruang baca yang nyaman sehingga menunjang dilakukannya kegiatan belajar oleh pemustaka yang sebagian besar yaitu sivitas akademika

Tidak terbatas pada sarana dan prasarana, jumlah koleksi pun mengalami perkembangan yang semula hanya 1000 eksemplar, pada tahun 2023 Perpustakaan STIKes Salsabila Serang sudah memiliki koleksi sebanyak 5300 eksemplar baik tercetak maupun tidak tercetak. Ditunjang juga dengan beberapa jenis koleksi lain seperti Grey Literature yang terdiri dari Skripsi, Karya Tulis Ilmiah dan Laporan magang.

Untuk mendukung tranformasi digitalisasi perpustakaan, maka diterapkannya otomasi perpustakaan dari aplikasi SLiMS 8 Akasia yang pengembangan aplikasinya dibawah KEMDIKBUD RI. Hal ini tidak lain guna menunjang kegiatan sirkulasi di perpustakaan yang meliputi kegiatan pencarian, peminjaman dan pengembalian koleksi, juga secara tidak langsung proses temu balik informasi menjadi jauh lebih efisien. Dengan adanya perubahan yang sudah dilakukan, diharapkan Perpustakaan STIKes Salsabila Serang dapat menjadi lebih baik dan optimal, juga dalam rangka menjadikan Perpustakaan STIKes Salsabila Serang yang berkualitas dan unggul sesuai dengan visi dan misinya yang akan dicapai.

VISI PERPUSTAKAAN STIKES SALSABILA SERANG

Menyediakan layanan, menghimpun bahan pustaka dan akses informasi yang berkualitas bagi Sivitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

MISI PERPUSTAKAAN STIKES SALSABILA SERANG

  1. Menyediakan sumber referensi keilmuan yang lengkap dan relevan untuk mendukung kegiatan akademik yang berkualitas;
  2. Mengembangkan layanan maupun koleksi perpustakaan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
  3. Terjalinnya hubungan kerja sama dengan perpustakaan dan pusat informasi lain.

JADWAL LAYANAN PERPUSTAKAAN

Senin – Jum’at08.00 – 16.00
Sabtu08.00 – 14.00
Istirahat12.00 – 13.00