Sejarah

Peningkatan pengetahuan dan kemampuan masyarakat serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi akhir-akhir ini sejalan pula dengan miningkatnya kebutuhan dan tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Hal ini  terjadi sebagai dampak perubahan yang sangat cepat dan dinamis seiring dengan tuntutan reformasi disegala bidang yang memungkinkan terjadinya dampak perubahan tatanan pola pendidikan dan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, dalam rangka membantu pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Yayasan Salsabila Multi Karya Banten mendirikan STIKes Salsabila Serang yang merupakan perubahan bentuk dari Akademi Kebidanan (AKBID) Salsabila dengan penambahan program studi baru yaitu Strata 1 (S-1) Farmasi berdasarkan SK.

Penyelenggaraan STIKes Salsabila serang diawali dengan berdirinya program studi Diploma III Akademi Kebidanan Salsabiila di Kota Cilegon yang beralamat di Kompleks Istana Cilegon Jl. SA Tirtayasa No. 30-32 Cilegon – Banten. Program studi kebidanan merupakan kegiatan pendidikan dari Yayasan Salsabila Multi Karya berdasarkan surat rekomendasi / pertimbangan tertulis bagi pendirian Akbid Salsabila dari Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Depkes RI dengan Nomor HK. 03.2.4.1.4234. Selain surat rekomendasi tersebut Akademi Kebidanan Salsabila menyelenggarakan pendidikan berdasarkan atas SK nomor 64/D/O/2004 tentang perizinan penyelenggaraan program studi dan pendirian Akbid Salsabila dari Mendiknas.

Dalam rangka menyesuaikan perkembangan pengelolaan dibidang pendidikan, pada bulan Januari tahun 2011 melakukan perpindahan domisili dan secara bersamaan mengajukan perubahan nama dari Akademi Kebidanan Salsabila Cilegon menjadi Akademi Kebidanan Salsabila Serang dengan mendapat rekomendasi dari Kopertis Wilayah IV No. 0898/L4/KL/2011 dan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten No. 09/0006.a/kes/I/2011. Maka sejak rekomendasi itu AKBID Salsabila Serang beralamat di Jl. Raya Serang – Pandeglang No. 33 [PAL-6] Kp. Tonggoh (14/04) Kelurahan Kemanisan Kecamatan Curug Kota Serang Provinsi Banten. Begitu pula dengan Yayasan Salsabila Multi Karya didirikan berdasarkan Akta Notaris No. 04 Tanggal 07 Juni 2002 yang dibuat oleh Notaris Muhammad Isyah SH yang berkedudukan di Cilegon, mengalami perubahan menjadi Yayasan Salsabila Multi Karya Banten berdasarkan Akta Notaris No. 02 Tanggal 14 Februari 2011 yang dibuat oleh Notaris Tri Wahyuwidayati S.H.,M.Kn. perubahan selanjutnya pada tahun 2016 di lakukan oleh notaris Sri Wahyuningsih SH dengan Akte No 57 Tahun 2016.

Dengan semakin berkembangnya pendidikan di Indonesia, AKBID Salsabila mencoba untuk meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi dengan memperoleh Sertifikat Akreditasi BAN-PT No. 149/SK/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/VI/2013 dengan predikat “C” dan pada tahun 2015 memperoleh Sertifikat ISO 9001:2008 No. 824 100 15057 dari TÜV Rheinland. Pada Tahun 2018 AKBID Salsabila memperoleh surat keputusan perubahan bentuk lembaga dari Akademi Kebidanan Salsabila menjadi STIKes Salsabila Serang dengan nomor …  dengan penambahan program studi baru yakni Strata 1 Farmasi. Kemudian pada tahun 2018 program studi D-III Kebidanan memperoleh status akreditasi “B” berdasarkan SK Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes) Nomor 0237/LAM-PTKes/Akr/Dip/IV/2018 tentang status, nilai dan Peringkat Akreditasi Prodi Diploma III STIKes Salsabila Serang.