Pada hari Kamis – Minggu, 28 November – 01 Desember 2024, telah dilaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) terhadap Program Studi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan STIKes Salsabila Serang secara Luring. Adapun Asesor yang ditugaskan oleh LAM-PTKes untuk melakukan Asesmen Lapangan adalah Ibu Anggrita Sari., S.SiT., M.Pd., M.Kes., CIT, Ph.D. (Akademi Kebidanan Betang Asi Raya, Palangkaraya / Assesor 1), Ibu Dian Febrida Sari, S.Si.T, M.Keb (Universitas Mercubaktijaya, Padang / Assesor 2), dan Ibu Anik Kurniawati, S.Si.T., Bdn., M.Keb (Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta, Surakarta / Assesor 3)
Kehadiran tim Asesor dalam kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi tersebut disambut oleh seluruh sivitas akademika STIKes Salsabila Serang serta Pembina Yayasan Salsabila Multi Karya Banten dan pihak-pihak yang terkait dalam proses akreditasi. Kegiatan asesmen lapangan ini bertujuan untuk memastikan bahwa program studi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan STIKes Salsabila Serang memenuhi standar pendidikan yang ditetapkan dan untuk menumbuhkan kesadaran, motivasi serta meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan sehingga adanya peningkatan mutu berkelanjutan di STIKes Salsabila Serang.
Kegiatan asesmen lapangan pada hari pertama diawali dengan penyambutan kedatangan Asesor oleh seluruh sivitas akademika STIKes Salsabila Serang, serta pembukan yang dilakukan di ruang Aula STIKes Salsabila Serang, sambutan dari Pembina Yayasan Salsabila Multi Karya Banten Ibu Hj. Dra. Enok Maswati, MM dan presentasi Profil UPPS oleh Ketua STIKes salsabila Serang Ibu Hj. Fathiyati, S.ST., Bd., M.Kes dilanjutkan presentasi profil Program Studi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan oleh Kaprodi Ibu Bdn. Pratiwi Cahya Skania., S.SiT., M,Keb, setelah itu konfirmasi terkait kebijakan makro pengembangan, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan UPPS dan PS. Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan peninjauan ke Laboratorium Kebidanan, OSCE-Center, Laboratorium Herbalis yang menunjang Visi dan Misi Program Studi, perpustakaan, pembangunan gedung CBT-Center, ruang dosen, ruang kelas, laboratorium komputer, dan fasilitas-fasilitas yang ada di Kampus STIKes Salsabila Serang.

Adapun hari ke-2 kegiatan asesmen lapangan akreditasi program studi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan STIKes Salsabila Serang, asesor melakukan observasi wahana praktik yang terdiri dari RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang, Puskesmas Banjar Agung, PMB Lilis Nurhasanah, dan Desa Binaan Curug, setelah itu dilanjutkan dengan wawancara dosen dan tedik, mahasiswa, alumni, serta stakeholder. Kegiatan selanjutnya adalah konfirmasi dan klarifikasi untuk setiap kriteria. Kriteria 1 sampai 9 dibagi menjadi 3 tim untuk di tinjau dan dikaji bukti-bukti pendukungnya, adapun kriteria 1, 2, dan 4 dengan Ibu Anggrita Sari., S.SiT., M.Pd., M.Kes., CIT, Ph.D. kemudian Kriteria 6, 7, dan 8 ditinjau oleh Ibu Dian Febrida Sari, S.Si.T, M.Keb, dan Kriteria 3, 5, dan 9 diperiksa oleh ibu Anik Kurniawati, S.Si.T., Bdn., M.Keb.
Pada hari ke- 3 dan 4, asemen lapangan dilanjutkan dengan konfirmasi data dukung dokumen Kriteria 4 dengan Ibu Anggrita Sari., S.SiT., M.Pd., M.Kes., CIT, Ph.D. Kriteria 7, dan 8 ditinjau oleh Ibu Dian Febrida Sari, S.Si.T, M.Keb, dan Kriteria 5 dan 9 ditinjau oleh ibu Anik Kurniawati, S.Si.T., Bdn., M.Keb. Setelah itu ditutup dengan pembacaan berita acara, tanda tangan dan serah terima berita acara asesmen lapangan oleh Tim Asesmen Lapangan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), yang dihadiri oleh Pembina Yayasan Salsabila Multi Karya Banten, ketua dan seluruh civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang. Acara tersebut berjalan lancar dan semua dokumen pendukung dapat diterima dengan baik oleh tim asesor. Semoga dari asesmen lapangan Program Studi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan STIKes Salsabila Serang yang telah dilakukan, dapat memberikan hasil yang terbaik. Amin.